Modul Ajar Matematika SMA Adalah modul ajar yang diperuntukan bagi Guru Matematika SMA. Modul ini adalah salah satu dari kumpulan modul yang secara resmi disediakan dan atau telah disetujui oleh pemerintah.
Tetapi dalam tahap perkembangannya, pendidik diberikan kemerdekaan atau kebebasan untuk memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan modul ajar dengan karakteristik peserta didik, atau menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Namun penting bagi pendidik dalam pengembangan modul ajar untuk memperhatikan Kriteria Modul Ajar yang ditetapkan pemerintah yaitu:
- Esensial: Pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin.
- Menarik, bermakna dan menantang: Menumbuhkan minat untuk belajar dan melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses belajar. Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk tahap usianya.
- Relevan dan kontekstual: Berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya, dan sesuai dengan konteks waktu dan tempat peserta didik berada.
- Berkesinambungan: Keterkaitan alur kegiatan pembelajaran sesuai dengan fase belajar peserta didik.
Komponen modul ajar secara umum terbagi atas tiga bagian besar:
- Informasi Umum, terdiri atas : 1. Identitas modul, 2. Kompetensi awal, 3. Profil pelajar pancasila, 4. Sarana dan prasarana, 5. Target peserta didik, dan 6. Model pembelajaran
- Komponen Inti, terdiri atas: 1. Tujuan Pembelajaran, 2. Pemahaman Bermakna, 3. Pertanyaan Pemantik, 4. Kegiatan Pembelajaran, 5. Asesmen, dan 6. Pengayaan dan Remedial
- Lampiran, terdiri atas: 1. Lembar Kerja Peserta Didik, 2, Bahan Bacaan Guru & Peserta Didik, 3. Glosarium, dan 4. Daftar Pustaka
No comments:
Post a Comment